Senin, 25 Oktober 2010

VERTIGO atau MIGRAIN ?? apa bedanya ??

Diposting oleh vica di 13.57
beberapa hari ni kepala gw pusing bgd...entah ini yg namanya vertigo ato migrain..
ato kedua-duanya...hehe coz penanganan untuk kedua macam penyakit ini sbnrnya brbeda krn penyebabnya pun jg berbeda..jd sbenarnya vertigo dan migrain dimana bedanya??sama2 sakit di kepala kan yah??


ok gw mo share sejauh yg gw tau dr buku2 jaman kuliah dulu ya *dah lama lulus nya mpe lupa rasanya kuliah tuh kayak gimana yah :p
VERTIGO adalah suatu gejala dimana saat timbul serangan, penderitanya merasa benda-benda di sekitarnya berputar mengelilinginya, biasa disebut juga dengan OBJECTIVE VERTIGO; atau sebaliknya penderita merasa dirinya berputar di dalam ruangan, yang disebut juga SUBJECTIVE VERTIGO. Dilihat dari keterkaitan gejala, proses / kelainan dapat terjadi di daerah telinga dalam (ventibuler) atau pada jaras-jaras pusat ventibuler di susunan saraf pusat. Ada sejumlah spesifikasi vertigo, sesuai lokalisasi / jenis kelainan ringan atau berat / yang tidak diketahui atau yang dengan multi penyakit atau lesi = ESSENTIA VERTIGO. Ada juga vertigo yang muncul saat melihat ke bawah di ketinggian = HEIGHT VERTIGO, tapi ini sebenarnya bukan vertigo sejati.
Vertigo dapat digolongkan sebagai salah satu bentuk gangguan keseimbangan atau gangguan orientasi di ruangan. Istilah yang sering digunakan oleh awam adalah: puyeng, sempoyongan, mumet, pusing, pening, tujuh keliling, rasa mengambang, kepala terasa enteng, rasa melayang.

nah...sedangkan kalau MIGRAIN biasanya merupakan serangan sakit kepala (kadang-kadang terasa berdenyut), sering disebabkan oleh adanya kelainan pembuluh darah (penyempitan yang sifatnya periodik) di daerah temporal sampai dengan separuh bagian kepala, yang dapat disertai rasa mual / mau muntah ataupun disertai diare atau susah buang air besar (konstipasi), dapat pula sampai dengan adanya fotofobi / kebingungan (disorientasi) / agitasi / rasa cemas. Simptom (gejala) kompleks ini dapat terjadi bersamaan ataupun satu persatu ataupun muncul berurutan. Penyebab lain belum diketahui kecuali yang bersifat kelainan fungsial, kelainan organik pembuluh darah belum terjadi, dan tidak terkait dengan kelainan jantung seperti angina pectoris (nyeri dada). Stres mental, kecapaian, telat makan, dan kena angin sebelah bisa merupakan pemicu terjadinya migrain ini/

YEAAH...jd skrg bisa kliatan jelas kan yah yg mana yg namanya vertigo yg mana jg yg namanya migrain..jd belum tentu jg migrain itu hanya sebagian kepala terkadang ada pula migrain yg menyerang seluruh bagian kepala (* tidak hanya sebagian saja )..cuman terkadang bagi orang awam istilah migrain hanya lah jika sakit kepalanya terasa di sebelah saja  ^-^

5 komentar:

Darin on 26 Oktober 2010 pukul 22.50 mengatakan...

halo, lam kenal dulu deh :D kayaknya sama2 blogger bengawan nih.

tp saya heran kenapa ga msaup jajaran gerebek minulya ya? :( apa mungkin saya kurang eksis? hehe

penjelasan perbedaan antara vertigo n migrainnya mantep, saya jadi mudheng :)

vica on 27 Oktober 2010 pukul 10.23 mengatakan...

@Darin : hehe lam kenal jg..iya saya blogger bengawan jg..
iya kayane harus ngeksis dulu deh di milis baru deh tar masuk di jajaran grebeg minulya..hihi *gw jg ga terlalu eksis jg kok..masih newbie gw..
ohke tar gw mampir deh di blog lu :)
makasih ya uda mampir..

vica on 27 Oktober 2010 pukul 10.23 mengatakan...

@Darin : hehe lam kenal jg..iya saya blogger bengawan jg..
iya kayane harus ngeksis dulu deh di milis baru deh tar masuk di jajaran grebeg minulya..hihi *gw jg ga terlalu eksis jg kok..masih newbie gw..
ohke tar gw mampir deh di blog lu :)
makasih ya uda mampir..

mursid on 1 November 2010 pukul 11.35 mengatakan...

@darin, iya kayaknya :LOL

Decky on 4 Mei 2011 pukul 12.12 mengatakan...

ooww begitu ya..baru ngeh...makasih infonya :)

 

corat coret PIKO Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez